ROTI GANDUM

Baik Untuk Kesehatan

Roti gandum baik untuk kesehatan

Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat berpengaruh juga pada pilihan jenis makanan yang diasup, salah satunya pada jenis roti. Roti gandum belakangan ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin menjaga kesehatan low calories high fiber food.


Roti gandum pada dasarnya tidak berbeda dengan roti putih atau roti tawar pada umumnya. Soalnya, roti tawar juga terbuat dari gandum. Hanya, roti tawar terbuat dari gandum olahan yakni tepung terigu, sementara roti gandum terbuat dari tepung gandum.


Dibanding dengan roti putih, roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan kaya akan serat yang baik untuk kesehatan dan aman di konsumsi bagi penderita diabetes , kolestrol dan mereka yang memiliki penyakit jantung.


Roti gandum terbuat dari tepung gandum utuh yang dalam proses penggilingannya hanya membuang kulit luarnya. Selain memiliki ciri berwarna agak gelap, roti gandum juga bertekstur kasar dan berwarna agak gelap, dan memiliki butiran gandum. Roti yang terbuat dari kualitas gandum baik biasanya agak berat karenan mengandung serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan.


Serat yang dikandung dalam roti gandum telah terbukti memberikan manfaat yang baik pada tekanan darah dan serat yang terkandung dalam roti gandum 6 kali lebih besar di banding dengan  roti putih. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga menyebabkan karbohidrat dalam roti gandum lebih lama dicerna tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama dan tidak cepat menaikkan gula darah. Sementara, dengan kandungan seratnya yang tinggi, jenis makanan ini cocok dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan atau penderita sembelit.


Roti gandum juga di sarankan bagi yang ingin diet yang bisa menurunkan berat badan sebagai pengganti makanan di pagi dan malam hari yang memiliki karbohidrat complex yang susah di cerna sehingga calori yang di hasilkan cukup dengan makan 1 piring nasi dan membantu pencernaan dengan serat tinggi untuk membuang minyak di dalam tubuh.


Untuk menjaga keseimbangan kesehatan, konsumsi roti gandum dilakukan dua kali dalam sehari untuk mengganti konsumsi nasi pada siang dan malam (2012).

ROTI GANDUM

TESTIMONIAL